Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil dan Nutrisi Gizi Wanita Hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil dan Nutrisi Gizi Wanita Hamil 

Siapa yang tidak ingin bayi yang lahir dengan keadaan sehat cerdas dan tentunya buat bahagia kedua orang tuanya, jadi gimana makanan sehat untuk ibu hamil muda atau dalam 1 bulan atau trimester pertama lalu apa saja makanannya agar agar anak bayi cerdas pintar dan tidak gemuk juga tidak mual nutrisi yang baik juga tidak mual kan bundanya jadi seperti apa contoh makanan sehat untuk ibu hamil untuk perkembangan janin.

Ibu Hamil

Semua nutrisi ini dapat ditemukan dalam produk segar dan protein. Untuk jenis makanan, wanita hamil dianjurkan mengonsumsi 10% kalori  dari protein, 35% kalori dari lemak, dan 55% sumber kalori lainnya dari karbohidrat.  Untuk jumlah kebutuhan kalori ibu hamil sesuai dengan usia kehamilannya, yaitu: Makanan untuk ibu hamil muda atau enam bulan pertama kehamilan ( trimester pertama dan kedua), sebaiknya mengandung kalori sekitar 2.000 kalori per hari. Namun, selama tiga bulan terakhir kehamilan ( trimester ketiga), Ibu hamil  akan membutuhkan tambahan 200 kalori per hari, sehingga totalnya sekitar 2.200 kalori per hari. Disamping sumber kalori tersebut makanan ibu hamil juga harus mengandung lebih banyak zat besi, kalsium, vitamin A, B dan C, folat, magnesium, selenium (yang diperlukan untuk kelenjar tiroid) dan seng. 

Makanan yang bergizi memang sangat penting untuk ibu hamil,kualitas dan kuantitasnya. karena akan berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan janin. Makanan ibu hamil tersebut harus mengandung gizi yang seimbang, artinya makanan yang dikonsumsi harus dapat memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan baik dari segi jenis,   Oleh karena itu, walaupun makannya banyak namun jenis makanannya tak bergizi maka tidak akan membantu kesehatan yang optimal.

Hampir 40 persen wanita hamil akan menjadi sembelit selama kehamilan. Penyebab sembelit tersebut meliputi tekanan rahim yang semakin besar, hormon progesteron yang memperlambat gerak pencernaan, Kacang-kacangan Sebagian besar dari kita tahu bahwa kacang-kacangan merupakan sumber protein dan serat, oleh karena itu kacang selama kehamilan akan membantu mengatasi sembelit.  dan suplemen zat besi. Kacang juga mengandung sumber yang kaya akan asam folat dan zat besi.

Mengenai jenis makanan, terdapat beberapa yang menjadi prioritas di setiap trimesternya. Berikut jenis makanan bergizi untuk ibu hamil di setiap trimester (hamil muda hingga hamil tua)

Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama (I)

Pisang Pisang baik dikonsumsi untuk ibu hamil timester pertama karena dapat mengurangi mual (ngidam) yang biasanya dialami ibu hamil muda tiga bulan pertama. Pisang adalah sumber vitamin B6 yang tinggi (membantu mengatasi morning sickness), selain itu pisang juga mengandung serat, vitamin C, asam folat dan potasium. Bayam Sayuran hijau yang satu ini baik untuk ibu hamil muda karena banyak mengandung asam folat. Asam Folat yang memadai diperlukan pada awal kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf (cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang). Selain itu Bayam juga mengandung serat, mangan, besi, vitamin A, C dan K.

Dan jika Anda vegetarian atau tidak suka telur, sumber-sumber lain yang mengandung choline termasuk daging sapi, susu dan kacang kedelai. Alpukat Ibu hamil trimester dua dianjurkan mengonsumsi alpukat, karena Alpukat adalah sumber serat, vitamin K, asam folat, vitamin C, kalium dan vitamin B6. Diperkaya juga dengan lemak tak jenuh yang sehat, yang merupakan lemak “baik” yang dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung. 

Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Kedua (II) 

Telur Telur menjadi makanan yang bergizi untuk ibu hamil karena Kuning telur mengandung kolin, nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam perkembangan otak bayi sehat (janin) di samping meningkatkan otak Anda sendiri. Ibu hamil harus mendapatkan sekitar 450 mg choline setiap hari. Alpukat telah diketahui dapat membantu mengurangi morning sickness dan membantu pertumbuhan otak bayi dan pertumbuhan jaringan.

Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga (III)

Makan sampai 12 ons ikan per minggu dianggap aman untuk ibu hamil selama kehamilan. Makanan bergizi untuk ibu hamil diatas sebaiknya jangan di lewatkan dalam menu sehari-hari hingga hari kelahiran tiba, namun juga sebaiknya disertai dengan makanan yang lain, asal bukan pantangan untuk ibu hamil. Kacang Ketidaknyamanan saat hamil menjadi lebih berat selama trimester ketiga, penting untuk makan sering. Kacang-kacangan adalah sumber protein dan lemak yang sehat untuk jantung. Kacang-kacangan seperti almond, walnut, pistachio dan kacang mete semua memiliki lemak sehat, protein dan serat. Lemak Ikan Lemak pada ikan laut kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat membantu membantu jantung dan menguatkan kesehatan otak.  Pepaya Buah tropis yang satu ini penuh dengan vitamin C, asam folat, serat, dan potasium. Pepaya juga merupakan cara alami untuk mengatasi sembelit, yang sering dialami selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Namun, wanita hamil hanya boleh makan pepaya matang, karena pepaya yang masih mentah kebanyakan mengandung pepsin dalam pada getahnya (resin dari pohon pepaya), yang dapat menyebabkan kontraksi. 


Namun, apa jadinya apabila Mum memiliki alergi pada makanan tertentu? Kehamilan trimester kedua disebut-sebut sebagai masa yang paling menyenangkan selama mengandung si Kecil. Untuk itu, dukung perkembangannya dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi. Banyak wanita hamil yang menghindari makanan tertentu dengan alasan alergi. Akibatnya, makanan-makanan penuh nutrisi seperti ikan, telur, bahkan gandum sering dihindari.
Jangan sampai Mum kehilangan nutrisi penting yang diberikan oleh makanan-makanan tersebut. Berikut ini beberapa makanan pengganti berdasarkan jenis alergi untuk bantu penuhi nutrisi ibu hamil trimester kedua.

Alergi pada jenis makanan tertentu?

Alergi Kacang-kacangan


Untuk pemenuhan Protein, Mum dapat menggantinya dengan daging ayam tanpa lemak, keju, atau segelas susu ibu hamil. kandungan Protein dan Vitamin E juga terdapat pada kacang yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan sel-sel baru. Apa Mum mengalami alergi pada kacang-kacangan? Pastikan Mum memenuhi menu makan dengan sayuran hijau untuk memenuhi Mineral dan pisang untuk sumber Potassium. Kacang-kacangan (termasuk selai kacang) penuh dengan mineral penting yang baik untuk ibu hamil. Jenis-jenis mineral seperti Magnesium, Selenium, Zink, Potassium, dan Kalsium yang ada dalam kacang pun penting untuk membantu pembentukan sel baru. Selain itu, 

Alergi Seafood


Pasalnya, seafood mengandung banyak Protein tanpa lemak dan Asam Omega 3 yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin, serta baik untuk menjaga kesehatan jantung.Antioksidan yang juga sering terkandung dalam seafood dapat juga Mum peroleh dari buah dan sayur. Gandum utuh juga bagus bagi kesehatan jantung seperti halnya ikan. Seafood merupakan sumber nutrisi penting bagi Mum selama masa kehamilan. Bila ikan menjadi pantangan bagi Mum, maka gantilah dengan walnut atau telur yang mengandung Omega-3 untuk memenuhi kebutuhan DHA bagi sang janin. Selain itu, daging tanpa lemak juga bagus untuk memenuhi Protein. 
Alergi bahan makanan bukan berarti Mum abai dengan nutrisi bagi perkembangan janin. Jangan sampai janin mengalami malnutrisi yang akhirnya berdampak pada kelainan pada janin. Ya, itulah beberapa alternatif yang dapat menjadi menu ibu hamil trimester 2 jika alergi pada makanan tertentu. 

Alergi Gandum Utuh


Kandungan Antioksidan pada gandum utuh juga dapat Mum dapatkan dari sayuran hijau, buah beri (jenis apapun), dan jus buah (hindari memilih jus buah dengan kandungan gula yang tinggi). Sayangnya, kandungan Gluten pada gandum utuh biasanya juga dapat menjadi penyebab alergi.
Untuk menggantikannya Mum dapat mengonsumsi kacang kedelai, kacang polong, jagung. Selain itu, Gandum utuh mampu membantu mengurangi rasa mual, melawan konstipasi (susah buang air besar), dan menjadi sumber Zat Besi, Vitamin B, dan Asam Folat yang sangat penting bagi perkembangan bayi

Memiliki anak yang sehat dan cerdas tentu menjadi impian bagi semua orang tua. Selain nutrisi untuk perkembangan kecerdasan anak, dibutuhkan juga nutrisi-nutrisi lain selama kehamilan. Seorang ibu hamil dituntut untuk bisa menjaga asupan nutrisi dan kebutuhan gizi untuk Anda dan sang janin agar kesehatannya tetap terjaga sampai proses persalinan tiba. 
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi awal kecerdasan anak tersebut, diantaranya pola hidup sehat sang orang tua, gen atau keturunan, dan juga ditentukan oleh nutrisi yang diberikan seorang ibu kepada janin. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat berperan penting dalam perkembangan otak janin di dalam kandungan. Menu makanan ibu hamil agar anak cerdas haruslah mengandung nutrisi macam protein, AA – DHA, asam amino, asam lemak omega 3 6 9 dan lainnya. Semakin kebutuhan nutrisi-nutrisi yang telah disebutkan di atas terpenuhi, semakin maksimal pula perkembangan otak janin. Seperti diketahui bahwa awal dari perkembangan kecerdasan anak adalah sejak masih di dalam kandungan.  

Jenis Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas

Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut Nutrisi untuk perkembangan awal kecerdasan janin sangat membutuhkan protein, tapi selain itu juga nutrisi-nutrisi lain seperti AA dan DHA, asam amino, asam lemak omega 3, 6, dan 6, vitamin B dan vitamin E, zat besi dan yang lainnya.

Ikan Salmon


Anda bisa menemukan berbagai olahan salmon di restoran-restoran. Ikan ini mengandung gizi yang sangat tinggi, seperti protein, asam lemak esensial omega 3, juga AA dan DHA yang dinilai sangat bermnafaat bagi perkembangan otak janin yang ada dalam kandungan. Mungkin jenis makanan ibu hamil agar anak cerdas yang satu ini cukup sulit ditemukan. Namun jika Anda tinggal di kota-kota besar, menemukan ikan salmon cukup mudah apa lagi Akan tetapi bagi para ibu hamil sebaiknya hindari konsumsi salmon mentah, karena dikhawatirkan ikan salmon tersebut masih terkontaminasi oleh bakteri berbahaya.

Telur


Makan telur juga bisa membuat anak cerdas sejak dini saat ia masih berad adi dalam kandungan. Makanan ini mengandung banyak umer protein dan juga lemak yang sangat kaya akan vitamin dan juga mineral yang banyak manfaatnya untuk para ibu hamil. Sel tubuh pada bayi yang maish berkembang di dalam kandungan membutuhkan asupan protein yang cukup untuk bisa tumbuh dan berkembang. Makanan ibu hamil agar anak cerdas yang rasanya enak ini juga mengandung kolin dan asam lemak omega 3yang bisa membantu otak dan pengelihatan si anak. Dalam satu kali konsumsi, makanlah 1 telur ukuran besar atau sekitar 50 gram telur.

Daging Sapi Matang


Protein sangat bermanfaat bagi janin terutama untuk pembentukan otot, struktur tulang, enzim, dan juga sistem kekebalan tubuh. Selain bermanfaat untuk janin, konsumsi daging sapi matang ini juga bermanfaat bagi sang ibu karena zat besi juga bisa membantu produksi hemoglobin dan menjauhkan sang ibu dari risiko melahirkan prematur. Makanan lezat selanjutnya untuk ibu hamil adalah daging sapi yang sudah dimasak. Makanan ibu hamil agar anak cerdas yang satu ini mengandung cuup banyak zat besi dan protein.  Saat Anda mengonsumsi daging sapi matang, makanlah sepotong daging sapi atau sekitar 35 gram tanpa lemak.

Kacang Tanah


Selain rasanya yang enak dan cocok sebagai camilan, kacang tanah mengandung sangat banyak protein dan juga asam folat yang baik untuk para ibu hamil. Pada awal kehamilan Anda, mengonsumsi kacang tanah bisa membantu mencegah cacat otak pada anak atau pada tulang belakang anak yang masih berada di dalam kandungan. Makanan ini hanya disarankan kepada para ibu hamil yang memang tidak punya alergi terhadap kacang tanah atau sejenisnya.  Namun Anda juga harus menjaga porsinya agar kesehatan tubuh juga tetap terjaga. Setiap porsinya konsumsilah sekitar 2 sendok makan kacang tanah yang telah dikupas.

INFO TAMBAHAN

Tentu penting untuk mencukupi berbagai kebutuhan nutrisi ini dari beragam jenis makanan yang berbeda. Misalnya asam float berperan menghindarkan cacat bawaan, Kalsium dan protein untuk pembentukan jaringan tubuh dan tulang bayi Hanya saja, Serta zat besi untuk membantu sel darah merah membawa oksigen pada janin.
Berikut ini adalah beberapa kelompok makanan dan minuman yang disarankan untuk dikonsumsi, beserta dengan manfaatnya:
Sayur dan buah
Disarankan untuk mengonsumsi setidaknya lima porsi sayur-sayuran dan buah-buahan berbeda tiap hari untuk mendapatkan aneka vitamin, mineral, serta serat. Sayur dan buah adalah komponen utama pola makan sehat bagi ibu yang sedang hamil.  Sayuran hijau seperti bayam dan kale mengandung banyak vitamin A K C dan asam folat yang penting untuk kesehatan mata.
Suplemen
Suplemen vitamin barangkali dibutuhkan untuk mencukupinya. Salah satu suplemen yang biasa diberikan ada TTD (Tablet tambah darah) yang memiliki kandungan setara 60 mg besi elemental dan 400 mcg asam folat. Meski sudah mengonsumsi berbagai jenis makanan, mungkin saja Anda masih  melewatkan nutrisi tertentu.  Namun, Anda perlu mengkonsultasikannya terlebih dulu kepada dokter.
Air
Selama masa kehamilan, Anda disarankan untuk mengonsumsi kurang lebih 2,5 liter (setara dengan 10 gelas) air dalam sehari. Minum cukup air dapat mencegah bayi lahir prematur, hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebihan, dan infeksi kandung kemih.  Cairan ini juga bisa didapatkan dari makanan seperti buah dengan kadar air yang tinggi, jus, atau susu. Namun perlu diingat bahwa beberapa minuman seperti minuman ringan dengan kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi atau kenaikan berat badan.
Kacang-kacangan
kelompok makanan ini kaya akan kalsium, folat, zat besi, dan seng. Kacang-kacangan berperan dalam mencukupi kebutuhan serat ibu hamil, sehingga mencegah konstipasi dan hemoroid (wasir).  Selain itu, 
Makanan sumber karbohidrat
Bahan ini bisa Anda dapatkan antara lain dalam oatmeal, roti gandum, pasta, ataupun nasi merah. Gandum utuh kaya akan nutrisi, serat, Vitamin E dan selenium yang baik untuk perkembangan janin. 
Daging tanpa lemak, ikan, dan telur
Terutama pada trimester kedua dan ketiga dalam kandungan. Kelompok makanan ini kaya dengan kandungan protein yang penting untuk pertumbuhan janin, 
Sementara, ikan salmon kaya akan omega 3 yang baik untuk menjaga mood ibu hamil sekaligus perkembangan janin. Telur juga kaya akan kolin yang mendukung perkembangan otak dan tubuh janin, serta membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf. 
Selain itu, daging tanpa lemak merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Namun hindari daging olahan seperti sosis yang mungkin mengandung bakteri atau parasit. Meski demikian, untuk menghindari paparan merkuri, disarankan tidak mengonsumsi lebih dari 340 gram salmon dalam sepekan. 
Susu dan produk turunannya
Kaya akan kalsium yang membantu pembentukan tulang pada bayi serta menjaga kesehatan tulang ibu. Susu dan produk olahan susu, seperti yogurt, 
Penting untuk mendapatkan berbagai asupan nutrisi yang berbeda agar semua kebutuhan tubuh ibu hamil dan janin tetap tercukupi.

Cermat Mempersiapkan Makanan Ibu Hamil

  • Cuci bersih tangan Anda dan seluruh perlengkapan dapur yang digunakan untuk memotong dan mengolah daging mentah.
  • Cuci semua sayur dan buah yang akan dimasak agar bersih dari sisa-sisa tanah yang dapat mengandung toksoplasma.
  • Perhatikan baik-baik hingga tidak menyisakan warna merah, terutama untuk daging yang masih dilapisi kulit. Begitu juga ketika memasak telur. Masak daging hingga benar-benar matang. 
  • Gunakan talenan berbeda untuk memotong daging mentah dengan alasan serupa di atas.
  • Pisahkan penyimpanan makanan mentah, terutama daging, dengan makanan siap santap di dalam lemari pendingin.Untuk menghindari kontaminasi (seperti campylobacter, salmonella, dan E.coli),
  • Ketahui dan hindari beberapa jenis makanan seperti makanan mentah dan hati.

Berikut ini adalah panduan bagi para calon ibu untuk menyiapkan sendiri makanan sehat untuk ibu hamil Mengolah makanan sendiri adalah salah satu cara untuk menjaga kualitas dan kesehatan bahan-bahan yang masuk ke dalam tubuh. 
Disarankan untuk berkonsultasi dan mematuhi pantangan dan anjuran dokter tentang makanan yang sesuai untuk dikonsumsi, ibu hamil yang sedang mengidap kondisi tertentu, seperti diabetes gestasional, Sumber dedaunan friso mediskus viosixwey


Related Posts